Berita Lain

Indeks Berita

Link

BannerD
Kamis, 07/05/2009 14:10 WIB
Gurih Baruasa Asli Kendari
Eka Septia - detikFood

GB

Jakarta - Indonesia memang terkenal sekali dengan beraneka ragam jenis makanan. Mulai dari masakan sampai dengan aneka camilan ringan. Baik kue basah maupun kue kering. Tak ketinggalan kue kering yang berasal dari Kendari ini nih! Penasaran?

'Baruasa Mente' namanya, kue kering khas Kendari ini saya dapatkan dari seorang kerabat yang baru saja melakukan lawatan ke sana. Awalnya saya pikir kue ini hampir mirip dengan kue kering seperti nastar, ternyata saya salah.

Tak seperti nastar yang gempur dan mudah rontok kalau ditekan, baruasa mente ini tekstur nya lebih keras. Terbuat dari tepung beras, gula, telur, dan juga kelapa. Rasanya gurih-gurih manis dengan rasa parutan kelapa yang masih terasa kres..kres..

Meskipun tidak mudah hancur, baruasa ini tidak sulit untuk digigt. Adonan baruasa yang sudah jadi kemudian dipanggang dengan menggunakan oven. Untuk mempercantik penampilannya, baruasa dihiasai dengan kacang mete sehingga rasanya jadi semakin nikmat!

Di Jakarta, baruasa memang sulit ditemukan. Tapi di Sulawesi, makanan ringan ini cukup mudah ditemukan. Biasanya dijual bersama dengan bagea dan juga kue kering lainnya.

( eka / Odi )
Komentar terkini (0 Komentar) Belum ada komentar yang masuk

Baca juga:

Diskusikan pendapat Anda dengan pembaca lain melalui milis detikfood@yahoogroups.com
Kirim e-mail kosong ke detikfood-subscribe@yahoogroups.com untuk berpartisipasi.
Redaksi: redaksi@detikfood.com
Informasi Pemasangan Iklan:
Widya Dewi
Email : iklan@detikfood.com
Telepon. 62-21-7941177 ext.525,526